Formulir Kontak

 

Manfaat Mendengarkan Musik

manfaat mendengarkan musik

Kalian suka dengerin musik? Bahkan sehari kalau gak dengerin musik rasanya gak enak gitu?
Ada kabar gembira untuk kalian, ternyata mendengarkan musik memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Musik yang setiap hari selalu kita dengar memiliki kekuatan khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik bisa membuat kita menjadi riang, sedih, bahkan bisa membuat seseorang terharu dan menetekan air mata. Betapa kuatnya pengaruh beberapa bait syair yang dimainkan dengan alunan kord-kord sederhana sebuah lagu. Ini dia beberapa manfaat musik :
 

1. Sebelum Tidur
Membantu tidur agar lebih nyenyak.
Saat kecil, pasti Ibu sering menyanyikan lagu pengantar tidur untuk menidurkan kamu kan? Dan setelah mendengarkan nyanyian tersebut, pasti langsung tidur lelap. Nah itulah salah satu bukti bahwa musik memang dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Selain itu, mendengarkan musik sebelum tidur juga dapat membuat kamu terhindar dari mimpi buruk lho. Jenis lagu yang cocok untuk didengarkan sebelum tidur adalah musik-musik lembut yang bersifat menenangkan.



2. Saat Belajar
Apakah kalian termasuk salah satu orang yang menjadi lebih fokus saat belajar ketika mendengarkan musik? Mendengarkan jenis musik yang menenangkan memang dapat membuat kamu lebih fokus saat belajar, sehingga kamu dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini karena musik dapat merangsang pusat-pusat otak yang berhubungan dengan berpikir, menganalisa dan perencanaan.



3. Saat Olahraga
Mendengarkan musik dengan irama yang bersemangat terbukti dapat meningkatkan semangat dan stamina lho. Nah bagi kamu yang pengen kurus, coba deh kamu olahraga sambil mendengarkan musik. Pasti kamu akan lebih bersemangat saat olahraga, sehingga kalori yang terbakar pun akan lebih banyak. Kalau dipikir-pikir saya juga olahrga biar kurus juga, hehe.

 


4. Saat Stres
Ada yang hari ini sedang tidak bersemangat? Coba dengarkan musik favorit kamu deh. Pasti mood kamu langsung naik drastis. Selain dapat meningkatkan mood, musik juga dapat membuat kamu terhindar dari stres atau depresi lho. Tidak heran jika saat ini musik sering digunakan untuk mengobati penyakit mental karena sifatnya yang menenangkan saraf dan membantu otak dalam mengirimkan sinyal positif bagi tubuh.

5. Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan kecerdasan

Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.

6. Menyehatkan pembuluh darah
Tempo, intensitas dan kecepatan musik terbukti mampu mempengaruhi kinerja jantung. Musik dengan tempo tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sedangkan musik slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Pasien jantung dapat memilih musik mana yang sesuai untuk meningkatkan kesehatan jantung mereka.


7. Meredakan nyeri
Musik memiliki sifat sebagai pengatur nyeri yang hebat. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis serta rasa sakit pasca operasi. Bahkan, terapi musik kini digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit saat melahirkan, anestesi dan pasca-operasi. 

Selain itu, musik bertindak sebagai pengalih perhatian pasien dan memberikan pasien kontrol. Musik juga memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin untuk menetralkan rasa sakit. Sementara musik lambat/slow bermanfaat untuk melemaskan detak jantung dan pernapasan pasien.

Nah, demikian ulasan mengenai Manfaat Mendengarkan Musik. Sebenarnya masih banyak lagi tapi cukup segini karena sudah menyangkut banyak hal..

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply